Minggu, 26 Februari 2017

Uniknya Tobal Batik Pekalongan

Februari 26, 2017



Hasil Wawancara Dengan

Uniknya Tobal Batik  Pekalongan

Nama   Narasumber     : Ibu Rini
Tgl                               : 16 Januari 2017
Lembaga                     : Tobal Batik  Pekalongan

Isi Deskripsi Wawancara
1. P : Bagaimana perjualan dan promosi Batik di Batik Tobal ini ?
J : Batik Tobal sendiri fokusnya di batik  tradisional. Kami tidak mengerjakan batik printing dan sablon.

2.  P : Ciri Khas seperti apa yang dimiliki Batik Tobal Pekalongan ?
J : Batik tobal memiliki ciri khas motif dan juga bucket tobal sebagai ciri khas kami.

3. P : Apa yang menjadi keistimewaan Batik Tobal dibandingkan  dengan batik lain?
J : Batik Tobal  benar benar menjaga kualitas seperti dalam pengerjaan dengan kehati-hatian proses dan quality  control. Kami  juga mengupayakan tingkat kelunturan yang seminimal mungkin sehingga hal tersebut yang menyebabkan harga batik tobal tidak bisa murah, karena kami mengutamakan kualitas bukan sekedar kuantitas.

4. P : Untuk Pemasaran Batik Tobal sudah sampai mana saja ? dan Bagaimana strategi pemasaran yang digunakan oleh Batik  Tobal ?
J : Untuk pemasaran sendiri kami melihat selera pasar sehingga target kami yaitu bagaimana agar kami dapat memenuhi selera pasar sekarang ini. Dan kebetulan untuk  batik Tobal ini mendapatkan pelanggan kebanyakan dari kalangan atas, etnis china dan umum, sedangkan untuk  market pasar kami ada pada pelanggan dari etnis chinese, selain itu kami juga memerhatikan kebutuhan pasar sehingga untuk saat ini permintaan  pasar kami mayoritas dari etnis china.

5. P : Sudah berapa lama dan sejak kapan Batik Tobal mengekspor  batik ke mancanegara? Dan kemana saja destinasi ekspor Batik Tobal?
J : Untuk pemasaran ekspor sendiri kami sudah memulai sejak tahu 90-an yaitu sekitar tahun 1996 sampai tahun 2007 dan pada waktu itu kami mengekspor batik ke beberapa negara diantaranya Australia, Eropa, Amerika dan Malaysia, namun setelah itu pada tahun 2008 kami berhenti total untuk mengekspor batik  keluar negeri dikarenakan adanya kendala dengan agen yang kami percaya, sehingga kami baru mencoba merintis kembali pemasaran ke luar negri atau mengekspor  pada tahun 2012 namun belum bisa se besar dulu.
Dan pada tahun 2017  ini kami masih terus mencoba menjajaki pasar internsional meskipun belum dalam partai banyak antara lain yaitu ke san Fransisco, Malaka, Malaysia, dan Jepang.

6. P : Upaya apa yang dilakukan untuk dapat mempromosikan batik keluar negeri ?
J: Untuk promosi baik lokal maupun internasional Batik Tobal mengunakan  bebererapa upaya antara lain dengan media sosial seperti facebook,Instagram, dan website yang selalu di update. Kami juga melayani pertanyaan-pertanyaan dari pelanggan. Selain itu kami juga bekerjasama dengan Pemerintah  Kota Pekalongan untuk  mengikuti ekspo batik  diluar  negeri dan membuka beberapa outlet di mol mol diJakarta, Kami juga bekerja sama dengan Dinas perindusutrian perdagangan dan koperasi, Dinas Pariwisata Kota Pekalongan, Komunitas Pecinta Batik, dan Universitas-universitas yang memiliki jurusan Batik. Kami menerima pembelian by order baik lokal maupun luar negeri sehingga kami dapat  memuaskan pelanggan. Dan kami juga memiliki keunikan dalam promosi seperti halnya kami meladeni hal hal yang unik sesuai permintaan pelanggan.

7. P : Bagaimana Segmentasi Pasar Batik Tobal?
J : Pada tahun 2012 kami berjualan di China dalam china ekspo namun kurang laku, sehingga untuk segmentasi pasar sendiri kami tetap memerhatikan tentang bagaimana produk dijual, dimana dan kapan produk kami dapat di jual, kami juga mengikuti pameran-pameran batik juga inacraft.

8. P : Apakah dengan  mengikuti Ekspo Batik di china memberikan kontribusi lebih terhadap penjualan batik dari Batik Tobal khususnya untuk taraf mancanegara?
J : Untuk ekspo di china sendiri sebenarnya belum terlalu memperngaruhi terhadap penjualan dalam taraf mancanegara.

9. P : Langkah apa saja yang harus ditempuh agar dapat meningkatkan penjualan batik baik dalam negeri maupun luar negeri ?
J : Fokus ke pasar lokal terlebih dahulu, perhatikan selera konsumen, menjaga kualitas, dan selalu mengkomunikasikan dengan pihak pihak yang berkaitan, memberikan informasi yang jelas dan memberikan beberapa sampel kepada calon pelanggan.

10. P : Upaya apa yang dilakukan Batik Tobal supaya dapat menarik Turis mancanegara untuk membeli batik?
J : Kami bekerjasama dengan Pemerintah Kota dan universitas-universitas yang memiliki jurusan batik sehingga setiap ada kegiatan atau wisatawan yang ingin mengetahui lebih dalam tentang batik mereka akan merekomendasikan batik tobal sebagai destinasi wisata batik mereka.

11. P : Bagaimana pendapat anda terhadap batik muslim dan bagaimana prospek pasar terhadap batik muslim ?
J : Untuk batik muslim sendiri kami membuat batik muslim seperti  longdress, abaya dan baju baju muslim lainnya namun kebetulan permintaan pasar kami mayoritas adalah baju baju casual dan baju baju dengan corak corak etnis cina, untuk baju muslim sediri di batik tobal belum terlalu laku di pasaran karena dengan kualitas  yang tinggi batik produksi kami tidak bisa di jual dengan harga rendah dan untuk baju muslim sendiri membutuhkan kain yang lebih banyak dari baju biasa akibatnya baju muslim yang di produksi batik tobal memiliki harga yang cukup tinggi.

12. P : Kegiatan seperti apa yang dilakukan Batik Tobal untuk menunjang keberhasilan Ekspor ?
J : Kami menngikuti pelatihan pelatihan ekspor (BPPE) yang melatih pengusaha pengusaha dan industry insudtry untuk ekspor secara rutin untuk menunjang keberhasilan ekspor Batik Tobal ini.

13. P : Bagaimana dengan sasaran pasar batik tobal ini ?
J :Untuk Batik Tobal sendiri membidik sasaran pasar Remaja dan ibu ibu muda , untuk jenis bajunya sendiri yaitu baju baju dengan model casual.

14. P : Bagaimana Pendapat Ibu tentang upaya yang dilakukan pemerintah Kota Pekalongan untuk meningkatkan ekspor batik?
J : Menurut saya langkah pemerintah Kota Pekalongan untuk membantu industy industry agar bisa ekspor sudah baik namun kurang tepat karena setelah diadakannya pelatihan kurang di monitoring dang evaluasi terhadap pengusaha-pengusaha atau industri indusrti yang telah mengikuti  pelatihan tersebut sehinggga belum banyak yang berhasil.

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 komentar:

Posting Komentar

 

© 2013 Belajar untuk bersaing. All rights resevered. Designed by Templateism | Blogger Templates

Back To Top